Selasa, 3 Desember 2013
BERITA LSC: Metode Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Nouf Zahrah Anastasia (koor. ABK Cita Buana)
Oleh: Bu Inda
*Pembuatan Program Modifikasi kurikulum:
·
-substitusi: mengganti beberapa materi yang
dianggap terlalu sulit
·
-simplifikasi: menyederhanakan materi/bahan
pengajaran
·
-omisi: menghilangkan beberapa bagian atau
keseluruhan dari kurikulum umum
*Pelaksanaan Pembelajaran Program Inklusi
·
-penggunaan PPI
·
-penempatan model:
»Full inclusion (berada direguler sepanjang hari) »Partial inclusion (ikut kelas reguler & khusus)
·
-tehnik/metode yang perlu dilakukan
*Managemen kelas
·
-peraturan disepakati seluruh siswa
·
-membantu ABK melakukan organisasi yang
dibutuhkan (checklist monitoring).
Ajarkan anak menggunakan cheklist
·
-berikan ruang perpindahan untuk ABK, couzyroom
(ruang santai)
·
-gunakan alat bantu visual untuk menandakan
waktu
·
-gunakan chelist dan reward system untuk ABK
& seluruh kelas
·
-beri label gambar+tulisan untuk tempat
penyimpanan alat belajar
·
-sediakan tempat untuk menenangkan diri (ruang
behaviour)
·
-sediakan jadwal tertulis dengan detail
*Pemberian Instruksi
·
-ulang instruksi
·
-bahasa sederhana
·
-katakan secara jelas
·
-alat bantu visual
·
-berikan kalimat positif (hindari jangan/tidak)
·
-gunakan penguat positif (reward-punishment)
·
-tegas bila diperlukan
*Modifikasi tugas
·
-bagi menjadi beberapa bagian
·
-beri langkah-langkah sederhana
·
-fokus pikiran utama instruksi
·
-garis bawahi kata kunci
*Penilaian & Pelaporan Harian: digunakan sebagai dasar penilaian rapot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar