Selasa, 03 Mei 2016

Ulasan Film Civil War (bahasa Indonesia)

Rangkuman Film Civil War
Senin, 2 Mei 2016

Alhamdulillah Mayday kemarin saya dan teman-teman sempat menonton film yang telah kami tunggu, yaitu film Holywood, Captain America - Civil War. Pokoknya, seru banget ditambah dengan teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa, rasanya gimanaa gitu… salam friend! (kiki, nabill, dama, sofi)

Baiklah kira-kira apa saja, langsung saja ini dia ulasannya…

***

Awal scene, menceritakan tentang kejahatan yang pernah dilakukan oleh Buck, seorang penjahat di Winter Soldier yang merupakan teman dekat dari Captain Amerika (Kapten). Adalah misi pertamanya setelah di cuci otak oleh Hydra dan siapakah yang ia bunuh? Akan kita temukan diakhir scene. Yang dicari adalah serum kekuatan yang dibawa oleh korbannya tersebut. Inilah permulaannya.

Langsung beralih pada sebuah misi, beberapa tim Avenger melawan tim (saya lupa) di daerah Afrika yang sedang mencuri senjata biologis yang tersimpan didalam kantor polisi. Singkat cerita pencurian tersebut berhasil ditaklukan

Sebelum pemimpin pemberontakan tersebut mati, ia terlebih dahulu menyalakan bom yang dengan niat bom bunuh diri di depan Kapten. Kesempatan tersebut terjadi karena Kapten melamun setelah mendengar nama Buck, seorang prajurit Winter Soldier yang merupakan sahabatnya, yang pernah ia temui sebelumnya. Kondisinya sama (serum, umur panjang & kekuatan super).

Sebelum bom itu meledak, Wanda melemparkan teroris tersebut ke langit-langit, seketika ia meledak dengan radiasi ledakan yang luar biasa. Tanpa disangka, ternyata ledakan tersebut terjadi di dekat jendela sebuah gedung, alhasil banyak korban berjatuhan karena kejadian tersebut yang membuat Wanda menjadi trauma.

Sementara itu, Iron man yang sedang mempresentasikan sumbangan untuk mahasiswa dengan berbagai macam teknologinya, bertemu dengan seorang mentri SDM yang anaknya meninggal karena ulah Avenger (tertimpa reruntuhan). Cerita itu membuat Tony menjadi terpukul.

Setelah kasus yang terjadi di Afrika, Avenger di datangi oleh seorang mentri yang memaparkan tentang beberapa aksi Avenger dalam melindungi bumi. Dalam kehebatan tersebut, ada cacat yang diprotes oleh masyarakat diantaranya adalah korban yang tidak sedikit. Ketika masyarakat melakukan evakuasi paska peristiwa perang dalam Avenger 1 dan 2, Avenger justru pulang tanpa menghiraukan korban evakuasi tersebut. Adapun beberapa kasus yang terjadi adalah karena kelalaian yang disebabkan oleh beberapa pihak, seperi Ultron, terjadi karena kesalahan Ironman dalam sistemnya. Begitupun alien yang datang dikarenakan ulah Loki, saudara dari Thor.

Hasil dari pertemuan tersebut adalah tentang konfirmasi adanya pengawasan terhadap Avenger yang telah disepakati oleh petinggi-petinggi dari ratusan negara. Isi dari perjanjian tersebut diantaranya tentang tanggung jawab jatuhnya korban, bahkan tentang perbatasan negara yang terkadang dihiraukan oleh pahlawan super.

Tidak semua personil setuju dengan perjanjian tersebut. Karena berbagai alasan, ada sebagian pihak yang tetap menandatangani ada juga yang menghiraukan. Beberapa yang setuju yaitu Ironman, Black Widow, Ruddof & Vision. Sedangkan yang tidak setuju, mereka Captain Amerika, Falcon & Wanda.
Adapun Clint si Hawk Eye memutuskan pensiun, sehingga tidak diceritakan pada awal sesi. Begitupun Thor dan Hulk yang tidak muncul dalam seri film ini.

Perdebatan demi perdebatan terus dilakukan, sementara ada seseorang yang sangat membenci Avenger. Orang itu mencari berkas-berkas HYDRA demi membalaskan dendamnya terhadap Avenger karena keluarganya meninggal setelah aksi yang dilakukan para pahlawan marvel tersebut.

Ketika hendak disahkan perjanjian pengikat tersebut, muncul sebuah insiden yang menewaskan seorang raja yang membuat anak dari raja tersebut marah dan menjadi Jaguar-man, dengan kemampuan bertarung yang cukup lihai dengan mengoptimalkan cakarannya. Ledakan bom yang dilakukan oleh Buck menjadikannya buronan termasuk oleh Jaguarman (dendam pribadi). Kapten yang mengetahui kebenaran akan Buck mengharuskan ia menolong Buck dan melindunginya, berhubung Buck yang ia kenal adalah seorang yang sudah baik. Adapun kejahatan tersebut adalah ulah dari dalang yang mencuci otaknya.

Dalam sebuah momen, penjahat berhasil mencuci otak Buck yang tengah disekap. Hal tersebut ia lakukan bersamaan dengan rencana jahatnya memadamkan seluruh listrik kota dengan alat semacam radiasi yang ia nyalakan secara jarak jauh.

Pertempuran demi pertempuran terjadi. Buck yang hendak melarikan diri dengan helicopter, berhasil ditahan dan disembunyikan oleh Falcon dan Kapten.

Sementara kebenaran harus segera diselesaikan, Kapten mendapatkan teman baru yaitu Antman dan Hawkeye yang berhasil membawa Wanda dari penjagaan Vision.

Tidak hanya itu, Ironman pun melakukan perekrutan bersama tokoh baru yang sudah tidak asing bagi kita, Spiderman (diperankan oleh tokoh yang baru). Jumlah mereka masing-masing genap 6 orang.

Kapten, Falcon, Hawkeye, Wanda, Antman & Buck.

Ironman, Roddos, Vision, Jaguarman, Blackwidow & Spiderman.

Dalam sebuah bandara, akhirnya kedua kelompok yang berbeda pendapat ini saling bertengkar satu sama lain, mencari kebenaran yang hakiki. Mereka saling mempertahankan argumennya atas semua yang telah terjadi.

Ironman memilih untuk tandatangan karena tekanan yang diberikan oleh seorang ibu mentri. Jaguarman terus mengincar Buck demi membalaskan kematian ayahnya dalam insiden bom. Vision tetap pada amanahnya yaitu untuk mengamankan Wanda ditempat persembunyian. Blackwidow adalah seseorang yang sependapat dengan Ironman. Spiderman dan Ironman abu adalah tim penghibur diantara kelompok Ironman.

Kapten & Buck berusaha mencari markas Hydra dan berusaha mencari kebenaran yang belum terungkap. Wanda bertarung demi mencari solusi atas trauma yang menimpanya. Falcon dan Hawkeye adalah orang-orang yang sependapat dengan Kapten. Sedangkan Antman adalah penghibur yang luar biasa.

Dalam adegan seru yang pastinya tidak mengizinkan kita untuk berkedip tersebut, Kapten dan Buck berhasil kabur dengan membawa pesawat jet menuju salah satu daerah (daratan bersalju) tempat persembunyian Hydra. Blackwidow mengagumi keputusan Kapten yang konsisten dengan argumennya meskipun menjadi buronan, sehingga ia membantu proses pelarian tersebut ketika Jaguarman hendak mengejar mereka.

Dalam perkelahian tersebut, Ironman abu tertembak oleh Vision dalam penerbangan mengejar jet yang dikemudikan Kapten. Selamat, namun tubuhnya hancur dan lumpuh.

Kemenangan yang diraih oleh tim Ironman, membuat teman-teman Kapten menjadi dipenjara. Penjara yang dikhususkan untuk kriminal kelas tinggi yang lokasinya dibawah air laut. Mereka yang dipenjara tidak menerima keputusan tersebut ketika dikunjungi oleh Ironman, akan tetapi Ironman yang mulai sadar akan kejanggalan yang terjadi, mulai menyusul Kapten ke daerah kutub atas informasi yang didapatkan dari Falcon. Dalam hal ini, Ironman berusaha menjadi sekutu Kapten dan menyusulnya.

Saat bertemu, mereka sempat melakukan gencatan senjata, namun hal itu tidak berlangsung lama. Mereka langsung berkawan layaknya tidak terjadi apa-apa dan menyusuri markas musuh yang dikhawatirkan ada penjahat-penjahat lain yang ingin membunuh mereka.

Singkat cerita, Ironman melihat tayangan video Desember 1991, kejadian yang telah menimpa orang tuanya. Bahwa orang tuanya tewas dibunuh oleh Buck yang sedang dicuci otaknya. Geram, marah dan kesal akhirnya pertempuran pun terjadi kembali. Buck menjadi incaran Ironman. Kapten adalah salah seorang yang mengetahui kejadian tersebut, namun merahasiakannya untuk menjaga perasaan Ironman sahabatnya. Disebabkan kemarahannya, Ironman menjadi gelap mata dan menyerang mereka berdua.

Sementara penjahat kabur, dia disergap oleh Jaguarman yang diam-diam mengikuti pelarian Kapten dan berhasil menahan penjahat tersebut sebelum ia menembakan diri.

Kisah Ironman, Buck dan Kapten berakhir pada perkelahian yang cukup lama. Ironman berhasil memutuskan tangan besi milik Buck dengan lasernya. Sementara itu, Kapten terus menyerang Ironman dan akhirnya Ironman dapat dilumpuhkan dengan menggunakan tamengnya.

Ada kisah haru dan menegangkan ketika 2 pahlawan super, pemeran utama dimasing-masing filmnya bertarung satu sama lain. Inilah yang menyebabkan cover film Civil war adalah foto mereka, Ironman vs Kapten.

Setelah perkelahian itu selesai, Kapten & Buck meninggalkan Ironman yang terkapar tanpa daya. Ironman dengan sisa tenaganya, berusaha bangkit dan kembali ke markasnya.

Perdebatan terus terjadi, menjadi konflik utama diantara pro-kontra atas perjanjian yang belum disahkan tersebut. Inilah akhir dari kisah film Civil War, menggantung.

Setelah film selesai, ada scene tambahan yang berisikan tentang beberapa informasi. Dalam hal ini, penonton yang sudah kepalang berdiri, akhirnya menonton dengan posisi berdiri didekat pintu keluar.
Akhirnya, Buck ditidurkan kembali dalam sebuah mesin dan Kapten bersembunyi didalam markas barunya bersama Jaguarman. Teman-teman yang membantu Kapten saat ini masih berada didalam penjara bawah laut.

***



Kurang lebih begitulah sedikit ulasan tentang Civil War…
Ingin tahu lebih lengkapnya? Silahkan tonton… hhe

Terimakasih, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar