Senin, 25 April 2016

Talkshow Ibu Nefrijanti Sutikno Botani Square

Talkshow Ibu Nefrianti
Sabtu, 23 April 2016
Botani Square
"All about Special Needs Children"

Apa itu Anak Berkebutuhan Khusus? Ibarat kita membeli tas, tentu pertama-tama kita mencari data terlebih dahulu, lalu kita cari spesifikasi yang cocok/sesuai dengan kita.
Begitupun ABK
1. Kenali ABK
- melihat
- pengamatan
2. Mampukan ABK
-pendekatan anak & orang tua
-susun program
-laksanakan program

Ada 13 golongan ABK yang sudah disahkan. Jangan bangga punya anak terlalu pintar, bisa jadi anak kita termasuk CIBI (Cerdas Istimewa Berkemampuan Istimewa dengan IQ superior >150). Jangan tenang punya anak biasa saja, karena zaman sekarang persaingan sangat ketat & pengaruh teknologi sangat mempengaruhi perkembangan anak.

Perhatikan tumbuh kembang anak sedini mungkin. Selesai di diagnosa oleh dokter, sebaiknya kita (orang tua) memastikan & mencocokkan grafik perkembangan anak secara normal. Itulah patokannya.

Setiap anak lahir mewariskan 3.500 sifat dari ibu dan 3.500 dari ayah, tidak semua sifat baik. Lihat pemicunya, pastikan setiap sifat baik harus dikembangkan dan sifat buruk harus ditekan. Lingkungan juga berpengaruh terhadap perkembangan anak.
Misal seorang ibu yang mahir piano, anaknya ada yang mahir, ada juga yang tidak. Kemampuannya akan terlatih jika didukung oleh banyak faktor. Jika kondisinya saling membantu, maka seorang anak pianis akan menjadi pianis seperti orang tuanya.

Program Pengenalan ABK
1. Orang tua
Orang tua harus sadar akan kemampuan anaknya. Misal anak mendapat nilai 6 lalu marah-marah padahal teman-temannya mendapat nilai 3. Maka ekspetasi orang tua harus diturunkan.
2. Ahli (guru/terapis)
3. Masyarakat
4. Pemerintah
Apakah sudah ada fasilitas toilet khusus untuk penyandang kursi roda dari pemerintah? Apakah ada program-program untuk ABK yang merata? Pemerintahlah yang bertanggung jawab.

Manusia seperti gunung es. Hanya sebagian kecil yang dapat muncul di permukaan, sisanya menumpuk dibagian bawah permukaan. Jangan sampai anak-anak kita menjadi bagian sampah masyarakat. Untuk itu kita harus bisa mencari & mengoptimalkan bintang terangnya.

"Ukir kesedihanmu diatas pasir pantai, terbang bersama angin atau disapu aor laut"

Beise:
-personality (how i actually respond),
-skill & abilities (what i actually do well),
-values (what i value in my work and life)
-vocational interest (what i am interesr in doing)

Ada 9 dasar keterampilan anak:
1. Makan
2. Minum
3. Pakai baju
4. Buka baju
5. Mandi
6. BAK
7. BAB
8. Pakai & lepas sepatu
9. Sikat gigi

Interaksi akan optimal dengan:
1. Gambar 53 %
2. Simbol 33 %
3. Suara

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar