Workshop
DISPLAY (Sekolah Alam Bogor)
Sabtu,
29 Agustus 2015
Oleh:
Bu Lola Maretta
"Display adalah
asisten guru"
Tujuan display:
·
-teaching aids
·
-menjelaskan topik secara visual
·
-mendukung KBM
·
-mensupport menejemen kelas
·
-memotivasi siswa
"Display harus
teratur, jangan berantakan/tersebar"
Dimanakah letak
display?
·
-window display/dijendela (wellcoming greeting & hasil
karya)
·
-door display/dipintu (wellcoming greeting)
·
-floor display/dilantai (3D concept)
·
-roof display/digantung
·
-table display/dimeja
·
-board display/dipapan/didinding
Karakter display:
·
*worksheet
·
*panorama (transisi suatu proses)
·
*siklus (menjelaskan setiap tahap, boleh pakai foto)
·
*grafik/diagram
·
*timeline (memaparkan peristiwa waktu ke waktu)
·
*pemetaan /peta
"Penyerap zat
karbon & timbal terbaik adalah daun nangka & mahoni"
Supporting display:
·
#information (absen, tabel akhlak, konsekwensi & reward)
·
#attandace chart
·
#daily chart (kegiatan sehari-hari) Misal anak SD 1 membuat
hitungan hari, di hari 100 dibuat perayaan dengan membawa makanan sebanyak 100
buah/biji. SD 2 menyimpan puluhan (stik merah) & satuan (stik biru) untuk
hitung-hitungan, dsb.
·
#calendar chart (menyesuaikan dengan musim) Kalau diluar negeri
mengenal 4 musim (dingin, semi, panas, gugur), kalau di Indonesia, kita cukup
menuliskan 2 musim atau lebih kratif lagi kita menuliskan musim-musim buah
seperti: durian, mangga & rambutan. Misal dengan ide seperti itu dapat
dikembangkan dalam marketday "from rambutan to jutawan" yang isi produknya
berbahan dasar rambutan. Untuk SD 2, bisa menjual berdasarkan warna rambutan
(belajar identifikasi & transaksi), untuk SD 3, menjual agar-agar/es
rambutan yang bervariasi (mengenal perubahan wujud zat).
·
#shelf labeling
Mounting & Font
for Display
·
@single mounting (1 bingkai), double mounting (2 bingkai), shape
of mounting (bingkai berbayang), window mounting (bisa digeser, digantung)
·
@font untuk TK & SD harus baku (untuk adaptasi huruf &
angka), hindari buku cerita yang hurufnya kapital (rancu, membuat anak pusing)
·
@font anak SMP diperbolehkan berbentuk grafity (mengajarkan
design)
Di Australia, ada
database yang berisikan data setiap penduduknya, termasuk riwayat kejahatannya.
Hal ini dapat membuat malu & jera, untuk tidak mengulanginya lagi. Repot
jadi penjahat.
Atau di Jepang, ada
pergaulan 'harajuku style' setiap pukul 4-5 sore. Anak-anak muda yang
berpenampilan gaul/nakal untuk bergaya, sebelum pulang kerumah mereka
berpakaian sopan kembali, dan hal itu menjadi sorotan dunia.
Banyak perbedaan
yang dapat dijadikan perbandingan dari hasil pendidikan terhadap anak-anak. Di
Indonesia, kita tidak bisa melacak riwayat kejahatan seseorang atau kenakalan
remaja di Indonesia tidak sepopuler Jepang.
Kita bisa menjadi
lebih baik dari negara lain. Kita bisa mengamalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an
dalam setiap pembelajaran untuk mendidik anak menjadi individu yang baik.
Tahap membuat
display berdasarkan spiderweb/silabus:
·
-mengumpulkan buku paket/materi
·
-fotocopy daftar isi secara runut
·
-kelompokan yang sesuai (idealnya 1 semester 2 tema)
·
-memasukkan jadwal/jam belajar
·
-tentukan games, worksheet dan refleksi pelajaran
Misal: tema AIR
Matematika:
menampilkan alata peraga seperti galon & drigen air, membuat display
tentang kiloliter ke cc,
Bahasa: dongeng
tentang telaga warna, membuat narasi telaga warna dengan bahasa sendiri
IPA: buat display
siklus air, dari laut-hujan-tanah-sungai-laut kembali
Contoh sederhana
tambahkan tentang ayat tentang turun hujan, bahwa air hujan sangat bermanfaat
untuk kehidupan manusia. Namun sekarang ini sudah dirusak karena keserakahan
kita.
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar