Minggu, 06 September 2015

workshop display bu lola

Workshop DISPLAY (Sekolah Alam Bogor)
Sabtu, 29 Agustus 2015
Oleh: Bu Lola Maretta

"Display adalah asisten guru"

Tujuan display:
·         -teaching aids
·         -menjelaskan topik secara visual
·         -mendukung KBM
·         -mensupport menejemen kelas
·         -memotivasi siswa

"Display harus teratur, jangan berantakan/tersebar"

Dimanakah letak display?
·         -window display/dijendela (wellcoming greeting & hasil karya)
·         -door display/dipintu (wellcoming greeting)
·         -floor display/dilantai (3D concept)
·         -roof display/digantung
·         -table display/dimeja
·         -board display/dipapan/didinding

Karakter display:
·         *worksheet
·         *panorama (transisi suatu proses)
·         *siklus (menjelaskan setiap tahap, boleh pakai foto)
·         *grafik/diagram
·         *timeline (memaparkan peristiwa waktu ke waktu)
·         *pemetaan /peta

"Penyerap zat karbon & timbal terbaik adalah daun nangka & mahoni"

Supporting display:
·         #information (absen, tabel akhlak, konsekwensi & reward)
·         #attandace chart
·         #daily chart (kegiatan sehari-hari) Misal anak SD 1 membuat hitungan hari, di hari 100 dibuat perayaan dengan membawa makanan sebanyak 100 buah/biji. SD 2 menyimpan puluhan (stik merah) & satuan (stik biru) untuk hitung-hitungan, dsb.
·         #calendar chart (menyesuaikan dengan musim) Kalau diluar negeri mengenal 4 musim (dingin, semi, panas, gugur), kalau di Indonesia, kita cukup menuliskan 2 musim atau lebih kratif lagi kita menuliskan musim-musim buah seperti: durian, mangga & rambutan. Misal dengan ide seperti itu dapat dikembangkan dalam marketday "from rambutan to jutawan" yang isi produknya berbahan dasar rambutan. Untuk SD 2, bisa menjual berdasarkan warna rambutan (belajar identifikasi & transaksi), untuk SD 3, menjual agar-agar/es rambutan yang bervariasi (mengenal perubahan wujud zat).
·         #shelf labeling

Mounting & Font for Display
·         @single mounting (1 bingkai), double mounting (2 bingkai), shape of mounting (bingkai berbayang), window mounting (bisa digeser, digantung)
·         @font untuk TK & SD harus baku (untuk adaptasi huruf & angka), hindari buku cerita yang hurufnya kapital (rancu, membuat anak pusing)
·         @font anak SMP diperbolehkan berbentuk grafity (mengajarkan design)

Di Australia, ada database yang berisikan data setiap penduduknya, termasuk riwayat kejahatannya. Hal ini dapat membuat malu & jera, untuk tidak mengulanginya lagi. Repot jadi penjahat.
Atau di Jepang, ada pergaulan 'harajuku style' setiap pukul 4-5 sore. Anak-anak muda yang berpenampilan gaul/nakal untuk bergaya, sebelum pulang kerumah mereka berpakaian sopan kembali, dan hal itu menjadi sorotan dunia.
Banyak perbedaan yang dapat dijadikan perbandingan dari hasil pendidikan terhadap anak-anak. Di Indonesia, kita tidak bisa melacak riwayat kejahatan seseorang atau kenakalan remaja di Indonesia tidak sepopuler Jepang.
Kita bisa menjadi lebih baik dari negara lain. Kita bisa mengamalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dalam setiap pembelajaran untuk mendidik anak menjadi individu yang baik.

Tahap membuat display berdasarkan spiderweb/silabus:
·         -mengumpulkan buku paket/materi
·         -fotocopy daftar isi secara runut
·         -kelompokan yang sesuai (idealnya 1 semester 2 tema)
·         -memasukkan jadwal/jam belajar
·         -tentukan games, worksheet dan refleksi pelajaran

Misal: tema AIR
Matematika: menampilkan alata peraga seperti galon & drigen air, membuat display tentang kiloliter ke cc,
Bahasa: dongeng tentang telaga warna, membuat narasi telaga warna dengan bahasa sendiri
IPA: buat display siklus air, dari laut-hujan-tanah-sungai-laut kembali

Contoh sederhana tambahkan tentang ayat tentang turun hujan, bahwa air hujan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun sekarang ini sudah dirusak karena keserakahan kita.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar