Pelatihan Implementasi Pembelajaran Modern Kur13:
*Mengembangkan Pembelajaran Abad 21 (HOTS 4C) Memasuki Revolusi Industri 4.0*
Oleh: Bpk Khristiyono Prahoro Sakti S. Pd, MM, MBiomed
@SMPN 12 Bogor
Rabu, 31 Juli 2019 Pkl 09.00-15.00 WIB
Berlaku untuk sekolah berbasis kelas (bukan online/jarak jauh) karena ada interaksi langsung antara guru-murid
Orientasi pendidikan Eropa:
TK : managemen diri
SD : eksplorasi lingkungan
SMP : mencari passion
SMA : meniti karir & masa depan
Kuliah : mematangkan konsep diri
Orientasi Indonesia: TK-Kuliah adalah "belajar & ujian"
Menghasilkan calon buruh masa depan, sementara;
-dunia berubah,
-revolusi industri 4.0 berbasis mesin jaringan internet,
-anak zaman sekarang mencari suatu hal yang menyenangkan dan mudah
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
1. Communication (komunikasi)
Komunikasi adalah sebuah kegiatan mentransfer sebuah informasi baik secara lisan maupun tulisan.
Manusia merupakan mahluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesamanya. Oleh karena itu, komunikasi merupakan salah satu hal yang terpenting dalam peradaban manusia. Tujuan utama komunikasi adalah mengirimkan pesan melalui media yang dipilih agar dapat dimengerti oleh penerima pesan. Komunikasi efektif tejadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.
Teknik komunikasi adalah suatu cara yang digunakan dalam menyampaikan informasi dari komunikator ke komunikan dengan media tertentu.
Beberapa teknik dalam komunikasi :
a. Ucapan yang jelas dan idenya utuh/tidak ada makna ganda
b. Berbicara dengan tegas, tidak berbelit-belit
c. Memahami betul siapa yang diajak bicara, hadapkan wajah dan badan, pahami pikiran lawan bicara.
d. Menyampaikan dengan tulus dan terbuka.
e. Sampaikan informasi dengan bahasa penerima informasi yang sesuai.
f. Menyampaikan dengan kemampuan dan kadar akal penerima informasi
g. Sampaikan informasi dengan global dan tujuannya, baru detailnya.
h. Berikan contoh nyata/model langsung.
i. Sampaikan informasi dengan lembut
j. Kendalikan noise dan carilah umpan balik untuk meyakinkan informasi.
2. Collaborative (kolaborasi)
Kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama, saling bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda. Kolaborasi juga memiliki arti mampu menjalankan tanggung jawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain; memaklumi kerancuan.
3. Critical thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah).
Kemampuan untuk memahami sebuah masalah yang rumit, mengkoneksikan informasi satu dengan informasi lain, sehingga akhirnya muncul berbagai perspektif, dan menemukan solusi dari suatu permasalahan. Critical thinkingdimaknai juga kemampuan menalar, memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah.
4. Creativity and Innovation(Kreativitas dan inovasi)
Kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
Kreativitas juga didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam menciptakan penggabungan baru. Kreativitas akan sangat tergantung kepada pemikiran kreatif seseorang, yakni proses akal budi seseorang dalam menciptakan gagasan baru. Kreativitas yang bisa menghasilkan penemuan-penemuan baru (dan biasanya bernilai secara ekonomis) sering disebut sebagai inovasi.
Idealisme awal kurikulum 2013
1. Kegiatan belajar: saintifik, induktif, discovery, konstruktif, aktif belajar
2. Penilaian: autentik, multi cara, multi aspek
3. Laporan hasil predikat & deskripsi
PA(I)KEM GEMBROT
Pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira berbobot
Konsep Belajar Ideal
1. Memberi pengalaman belajar langsung (discovery) - konseptual - konstruktif
2. Memberi pengalaman menerapkan konsep untuk merancang dan membuat karya
3. Menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah
Komponen Aktif Belajar
*Subjek : siswa
*Objek : fakta, konsep, hukum, teori
*Guru : fasilitator (yang menciptakan interaksi Subjek-Objek)
Persiapan guru:
Kompetensi (KI, KD, tema) - konsep (teori, hukum, gejala) - bagaimana caranya (potensi sekitar, cara mengajar)
Target Belajar HOTS (High Order Thinking Skill):
-Konseptualisasi: menemukan sendiri konsep KI 3
-Pengalaman: mengembangkan keterampilan KI 4
-Refleksi belajar
Tugas guru terhadap siswa:
1. Evaluasi keterampilan & pencapaian
2. Identifikasi kesulitan
3. Motivasi yang menolong
Tugas guru terhadap objek:
1. Merencanakan Program Silabus & RPP
2. Strukturisasi Konsep
3. Menyajikan & Kontrol Program
Transformasi model kegiatan: dari Konvensional menuju Modern (siswa dominan, metode variatif, penilaian multi aspek, siswa aktif, terencana dan komunikatif)
HOT (High Order Thinking) yaitu berfikir lebih tinggi dari mengingat fakta, mengulang fakta dan aplikasi formula, aturan dan prosedur
HOT: menghubungkan, mengelompokkan, mengintegrasikan segala aspek
Proses kognitif: checking (memeriksa) & critiquing (mengkritisi)
Proses mencipta soal: generating, planning & producing
Bentuk soal yang membuat anak tidak cuma hafal tapi berfikir
Semoga bermanfaat
#pelatihan
#seminar
#mgmp
#dinas
#bogor
#hots
Tidak ada komentar:
Posting Komentar