Rabu, 12 Oktober 2016

senin spirit siswa: pengalaman dan kebiasaan oleh Pak Natiq 10 Oktober 2016 SM Sekolah Alam Bogor

Senin spirit siswa
“Tentang pengalaman & kebiasaan”
Oleh: Pak Natiq
Senin, 10 Oktober 2016

Hari ini, siswa SM 1 pertama kalinya diagendakan untuk persiapan ekspedisi. Mungkin bagi siswa SM 1 persiapan ekspedisi adalah pengalaman yang sangat luar biasa, deg-degan, penuh kekhawatiran. Berbeda dengan SM 2 dan 3 yang sudah tidak was-was karena sudah terbiasa.

Begitupun dengan peristiwa esok hari ketika ekspedisi, mungkin bagi kakak kelas naik gunung, bertemu dengan cuaca ekstrim (saat malam dingin dan panas disiang hari) sudah terbiasa. Akan tetapi bagi SM 1 adala ‘first experience’ alias pengalaman pertama yang harus dilalui. Nantikan kesan-kesannya…

***

Pengalaman terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang pernah dibuat oleh seseorang baik sengaja ataupun tidak sengaja. Bagi seorang penyanyi profesional, menyanyi adalah suatu hal yang mudah karena terbiasa. Berbeda dengan kita yang masih perlu belajar.

Atau melihat porter yang dengan mudah naik-turun gunung dalam waktu yang singkat, lebih cepat dari pendaki biasa (jika kita butuh 5 jam, porter hanya butuh waktu 1 jam), hal tersebut bisa dilakukan karena sudah terbiasa.

Oleh karena itu, buat kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat dan positif agar pengalaman yang dihasilkan bisa bermanfaat dan positif.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar