Workshop DISPLAY (Sekolah Alam Bogor)
Oleh : Bu Lina-Litbang SD
Senin, 10 Oktober 2016
Sambutan Bu Tya:
"Display adalah asisten guru"
Tujuan display:
· -asisten
guru/fasilitator
· -menjelaskan
topik secara visual
· -meminimalisir
energi suara
· -mensupport
menejemen kelas dan KBM fasilitator
· -memotivasi
siswa
Bu Lina:
"Display harus teratur, jangan berantakan/tersebar"
Kenapa harus display:
*Bentuk visual dapat mewakili ribuan kata
*Komperhensif/paling mudah dimengerti
*Pesan apapun akan mudah dimengerti dalam bentuk visual
*Memiliki daya pikat & komunikasi terjalin sukarela
*Retensi: pesan yang tidak mudah dilupakan
Dimanakah letak display?
· -window
display/dijendela (wellcoming greeting & hasil karya)
· -door
display/dipintu (wellcoming greeting)
· -floor
display/dilantai (3D concept)
· -roof
display/digantung
· -table
display/dimeja
· -board
display/dipapan/didinding
Karakter display:
· *worksheet
· *panorama
(transisi suatu proses)
· *siklus
(menjelaskan setiap tahap, boleh pakai foto)
· *grafik/diagram
(ukur tinggi badan)
· *timeline
(memaparkan peristiwa waktu ke waktu)
· *pemetaan
/peta
"Jangan pernah memunculkan gambar/sesuatu yang sangat
tidak rapi karena akan dicontoh siswa"
@Supporting display:
· #information
(absen, tabel akhlak, konsekwensi & reward)
· #attandace
chart
· #daily
chart (kegiatan sehari-hari)
· #calendar
chart
· #shelf
labeling
Contoh supporting display:
1. Tempat sampah, bisa dimodif jadi model injekan
2. Sign system rak sepatu
3. Jalan kelinci (untuk PS dan SD)
4. Greeting/Welcoming di gerbang atau di depan kelas
5. Buki penghubunh SQ
6. ATK kelas
7. Aturan kelas
8. Jam
9. Adm Kelas
10. Bank Soal SALAM dan DINAS
Font for Display:
· @font
untuk TK & SD harus baku (untuk adaptasi huruf & angka)
· @font
anak SMP diperbolehkan berbentuk grafity (mengajarkan design)
@Display Utama:
-English
-Math
-Language
-Social
-Science
Contoh display utama:
Misteri air, mencakup:
*Siklus air + istilah
*Dalil Al-Qur'an/Hadist yang berkaitan tentang air (manfaat,
bencana, asal-muasal, dsb)
*display percobaan air garam dan tawar
*Matematika: menampilkan alata peraga seperti galon &
drigen air, membuat display tentang kiloliter ke cc,
*Bahasa: dongeng tentang telaga warna, membuat narasi telaga
warna dengan bahasa sendiri
*IPA: buat display siklus air, dari
laut-hujan-tanah-sungai-laut kembali
Contoh: Air sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun
sekarang ini sudah dirusak karena keserakahan kita.
Manfaat air: adanya usaha baju renang, kacamata renang,
google, pelampung, dll.
"Kita bisa mengamalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dalam
setiap pembelajaran untuk mendidik anak menjadi individu yang baik."
Ruang membuat display itu sangat luas, akan tetapi
pemanfaatannya hanya untuk 1 tema. Tergantung pada imajinasi kita sebagai
seorang guru.
Ukuran font, konten dan ruang display guru yang menentukan.
Anak harus dilibatkan agar rasa memilikinya tinggi. Waktu pengerjaan harus
ditargetkan, bagusnya di awal tahun pembelajaran. Akan lebih bagus jika tiap
level temanya pasti, tidak berubah.
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar