Rabu, 12 Oktober 2016

Workshop Display Bu Lina - Litbang SD Sekolah Alam Bogor 10 Oktober 2016

Workshop DISPLAY (Sekolah Alam Bogor)
Oleh : Bu Lina-Litbang SD
Senin, 10 Oktober 2016

Sambutan Bu Tya:
"Display adalah asisten guru"
Tujuan display:
·         -asisten guru/fasilitator
·         -menjelaskan topik secara visual
·         -meminimalisir energi suara
·         -mensupport menejemen kelas dan KBM fasilitator
·         -memotivasi siswa

Bu Lina:
"Display harus teratur, jangan berantakan/tersebar"

Kenapa harus display:
*Bentuk visual dapat mewakili ribuan kata
*Komperhensif/paling mudah dimengerti
*Pesan apapun akan mudah dimengerti dalam bentuk visual
*Memiliki daya pikat & komunikasi terjalin sukarela
*Retensi: pesan yang tidak mudah dilupakan

Dimanakah letak display?
·         -window display/dijendela (wellcoming greeting & hasil karya)
·         -door display/dipintu (wellcoming greeting)
·         -floor display/dilantai (3D concept)
·         -roof display/digantung
·         -table display/dimeja
·         -board display/dipapan/didinding

Karakter display:
·         *worksheet
·         *panorama (transisi suatu proses)
·         *siklus (menjelaskan setiap tahap, boleh pakai foto)
·         *grafik/diagram (ukur tinggi badan)
·         *timeline (memaparkan peristiwa waktu ke waktu)
·         *pemetaan /peta

"Jangan pernah memunculkan gambar/sesuatu yang sangat tidak rapi karena akan dicontoh siswa"

@Supporting display:
·         #information (absen, tabel akhlak, konsekwensi & reward)
·         #attandace chart
·         #daily chart (kegiatan sehari-hari)
·         #calendar chart
·         #shelf labeling

Contoh supporting display:
1. Tempat sampah, bisa dimodif jadi model injekan
2. Sign system rak sepatu
3. Jalan kelinci (untuk PS dan SD)
4. Greeting/Welcoming di gerbang atau di depan kelas
5. Buki penghubunh SQ
6. ATK kelas
7. Aturan kelas
8. Jam
9. Adm Kelas
10. Bank Soal SALAM dan DINAS

Font for Display:
·         @font untuk TK & SD harus baku (untuk adaptasi huruf & angka)
·         @font anak SMP diperbolehkan berbentuk grafity (mengajarkan design)

@Display Utama:
-English
-Math
-Language
-Social
-Science

Contoh display utama:
Misteri air, mencakup:
*Siklus air + istilah
*Dalil Al-Qur'an/Hadist yang berkaitan tentang air (manfaat, bencana, asal-muasal, dsb)
*display percobaan air garam dan tawar
*Matematika: menampilkan alata peraga seperti galon & drigen air, membuat display tentang kiloliter ke cc,
*Bahasa: dongeng tentang telaga warna, membuat narasi telaga warna dengan bahasa sendiri
*IPA: buat display siklus air, dari laut-hujan-tanah-sungai-laut kembali

Contoh: Air sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun sekarang ini sudah dirusak karena keserakahan kita.

Manfaat air: adanya usaha baju renang, kacamata renang, google, pelampung, dll.

"Kita bisa mengamalkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dalam setiap pembelajaran untuk mendidik anak menjadi individu yang baik."

Ruang membuat display itu sangat luas, akan tetapi pemanfaatannya hanya untuk 1 tema. Tergantung pada imajinasi kita sebagai seorang guru.

Ukuran font, konten dan ruang display guru yang menentukan. Anak harus dilibatkan agar rasa memilikinya tinggi. Waktu pengerjaan harus ditargetkan, bagusnya di awal tahun pembelajaran. Akan lebih bagus jika tiap level temanya pasti, tidak berubah.


Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar