Rabu, 12 Oktober 2016

Salam In Me Pak Okwan - The Ultimate yoU Sekolah Alam Bogor

The Ultimate You
Selasa, 4 Oktober 2016
Bpk Okwan Himpuni – Leader Program SM

Apa yang teman-teman pikirkan tentang kata “ULTIMATE” ?
·        Mewah
·        Limited edition
·        Unik
·        Hal yang super

Yap, betul! Yang pasti ultimate itu ibarat angka: 01 3456789, tidak ada 2 nya.

“You are a story in the making”

Semua kisah yang kita alami, adalah dari kita sendiri yang membuatnya. Kita berada di Sekolah Alam Bogor, hasil dari runutan pengalaman dan perjalanan masa lalu kita. Untuk bisa menjadi seorang “Ultimate” kita harus sadar diri, paham dimana kita berada.

Seperti halnya memesan Go-Jek, yang pertama dilakukan pengendara Go-Jek adalah mengetahui posisi konsumen yang memesan, sebelum berangkat ke tempat tujuan. Sadar dimana kita berada.

“Listen to your self first”

Kekuatan saya berada dimana? Itu adalah langkah awal menemukan ultimate. Ultimate bukan istilah baru didunia ini. Kita itu terlahir unik, tinggal bagaimana caranya bagaimana kita menjadi unik. Dengarkan diri sendiri.

Apa ultimate kita, yang orang lain tidak punya? Misal saya bisa menyanyi tapi suaranya lain. Saya bisa main gitar tapi caranya berbeda, kalau orang lain 6 senar, saya 10 senar.

Misal pak Hilal mudah menghafal Al-Qur’an dalam waktu 1 bulan dengan mudah, yang lain mungkin harus berusaha dengan sulit. Atau saya adalah seorang pengkhayal yang bisa membuat cerita imajinasi dari khayalannya (itu saya banget).

Contoh lain, Bu Nurul pernah ke Taiwan karena sebuah acara, itu ultimate bu Nurul, kesempatan yang tidak didapatkan orang lain. Atau Ultimate pak Chandra paling sering menginap di SM, dibandingkan orang lain. Pada intinya adalah membuat sebuah cerita. Bukan sesuatu hal yang mengawang-ngawang.

“Meskipun berada disuatu tempat, ceritanya pasti berbeda. Meskipun punya cita-cita yang sama, tapi keinginannya berbeda. Itulah Ultimate.”

***

“We don’t have forever – but guess what!”

Kita ini terlahir, hidup tidak punya apa-apa. Karena kita tidak punya apa-apa, itu yang membuat kita lebih hidup, gairah mendapatkan sesuatu. Terlepas apakah itu materi atau pengetahuan, tapi ketidakpunyaan itu yang membuat kita BERGERAK.

Jika kita tahu sedikit ilmu, kita akan sombong (lebih besar dari buku), kalau kita tahu lebih dalam maka sejajar dengan buku. Dan jika kita tahu banyak ilmu, maka kita seperti kecil, lebih kecil dari buku.

“This makes our lives even better J

Kita tidak punya apa-apa, tentukan mau bergerak apa, mau mencapai apa.

Contoh: 7 things | want in my life:
·        Pergi haji bersama keluarga
·        Punya rumah dan kendaraan sendiri
·        Menikah – punya anak minimal 5 anak
·        Punya usaha yang didalamnya menampung ABK sebagai karyawan dibidang craft dan kuliner
·        Punya studio musik dan sanggar budaya sunda
·        Punya buku karangan sendiri
·        Hafal Al-Qur’an 30 juz (tahfiz)

Semua yang telah kita tuliskan berdo’alah kepada Allah swt, semakin banyak berdoa semakin senang Allah swt kepada kita. KANGKUNG, Kalau Allah swt MENDUKUNG. (MestaKung, adalah judul buku-film).

Setiap cerita diatas jika dirangkai akan menjadi kisah yang menjadikan kita ULTIMATE. Ingat! Semua bertahap, tidak langsung sreg seperti diatas, pasti ada proses. Awalnya seperti apa, lalu di petakan, lalu diberi proses, dan harapannya mencapai kesuksesan.

Peta yang seseorang buat diluar kita, tidak akan berpengaruh terhadap kita. Setiap pengalaman yang bersinergi akan membentuk kita menjadi Ultimate. Kita yang berdaya, orang lain melihat daya kita, sehingga orang lain mendukung (KANGKUNG).

“Be more than great, be phenomenal”

Good – Better – Best – Awesome – Great – Phenomenal!!!

“Phenomenal itu kisahnya hanya dia!” berbeda dengan Great, setiap orang bisa Great, tapi phenomenal adalah hal yang jarang.

Misal jika kita membicarakan musik, sebut saja Pak Dhinar. Atau Ilmu IPA, kemana lagi kalau bukan Bu Furi. Bicara tentang Trip, pasti Bu Widya. Belajar Outbound, yang paling keceh Pak Lukman. Tips belajar Al-Qur’an, pasti Pak Hilal. Dan seterusnya.

Success is never about being be the best – it is about becoming your self

Kesuksesan itu bukan menjadi yang terbaik, tapi menjadi diri sendiri. Saya melakukan ini karena saya bisa, saya mau, dan inilah gaya saya. Saya mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara saya, bukan dengan menirukan Mr. Dee. Saya mengajarkan ilmu dengan cara saya, bukan dengan cara orang lain.

Ordinary – extra – ordinary

Lakukan suatu hal luar biasa dalam kegiatan biasa kita. Bukan seperti sebuah iklan supplement, anak muda harus coba segalanya. Bukan seperti itu. Tidak harus menjadi nakal.

“Ekstra Ordinary adalah melakukan hal positif yang kita bisa semaksimal mungkindan 
memberi efek/manfaat kepada orang lain.”

Kalau anak merasa bangga karena kenalakannya, itu merupakan proses penemuan dalam hidupnya. Tinggal kita arahkan sebagai guru. Landasan utama kita adalah Al-Qur’an dan Hadits.

“Outstanding result
Require: commitment, hard work and respect to and from everyone”

Kesempurnaan hanya milik Allah swt., akan tetapi kita juga bisa membuat sesuatu yang sempurna. Semua membutuhkan:
·        Komitmen
·        Kerja keras
·        Respect

Do your best in everything you do, be happy always – you already you

Totalitas akan keluar jika bekerja secara volunteers (sukarela tanpa dibayar). Kalau dibayar, totalitas cenderung irit / stack / itungan. Begitu sebuah ide Backcraft di birokrasi oleh segelintir orang, maka  terhambat kreatifitasnya.

Be the #UltimateU


Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar