Sabtu, 11 Juni 2016

Kultum #5 Ramadhan 2016 3 Jenis Orang Islam

Kultum Tarawih #5 Ramadhan 1437 H
Masjid Al-Qoqo BTN Tanah Baru Blok B
Kamis, 9 Juni 2016

Assalamu’alaikum wr.wb.
Alhamdulillah, tarawih 4 malam tarawih ini masjid-masjid dipenuhi oleh jamaah yang melaksanakan shalat tarawih berjamaah. Penuh tidaknya jamaah tergantung pada diri kita masing-masing, apakah kita rajin atau malas pergi kemasjid atau hanya berdiam diri dirumah ketika melaksanakan shalat.

1 hal yang pasti, beribadah dimasjid lebih baik dibandingkan dengan dengan shalat munfarid. Ketika seseorang melakukan shalat berjamaah, antar satu sama lain akan saling menutupi kekurangan dalam shalat. Jika makmum salah, maka imam akan memperbaiki, Begitupun sebaliknya, jika sang imam khilaf, akan dibantu oleh makmum. Terdapat saling mendukung dalam kesempurnaan shalat.

Orang Islam di dunia ini terdiri dari 3 golongan

1. Muslimin
Golongan ini adalah golongan yang 100% orang Islam, menjalankan syariat Islam dengan sungguh-sungguh. Menjalankan segala perintah Allah swt dan menjauhi segala laranganNya. Tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman (tidak ikut-ikutan). Senantiasa berbuat baik, shalat berjamaah dimasjid, beramal soleh, dan perbuatan lainnya, baik perkataan, perbuatan maupun perasaannya selalu dalam bimbingan dan hidayah Allah swt.

2. Musiman
Orang-orang Islam musiman biasanya hanya berbuat baik pada keadaan tertentu. Biasanya orang-orang musiman seperti ini akan ramai ketika bulan Ramadhan, ketika banyak orang yang melakukan amal soleh, orang musiman ikut berbuat kebaikan.
Parahnya orang-orang musiman ini biasanya hanya shalat pada waktu tertentu, shalat jum’at saja misalnya atau shalat ied setiap tahun. Astagfirullahalazim…

3. Musingkeun
Golongan ke tiga adalah golongan yang paling parah diantara golongan diatas. Mengaku pada KTP berstatus agama Islam namun kelakuannya sama sekali tidak mencerminkan seorang muslim sejati.

Ketika sehat wal afiat, mereka sibuk dengan kesenangan duniawi sampai lupa pada  Allah swt. lupa dengan Masjid. Akan tetapi ketika ada sanak saudaranya yang meninggal dunia, ia justru menginginkan untuk dishalatkan dan diurus didalam masjid. Sungguh menyedihkan… Musingkeun ‘bukan?

Jenis orang ketiga adalah kumpulan orang yang sulit untuk didakwahi. Harus dengan segala macam cara agar sadar secara lahir dan batin untuk bisa menuju pintu taubat. Semoga Allah swt. memberikan hidayahNya untuk kita semua.

“Setiap khotbah/imam pasti memberikan nsihat yang baik untuk para jamaahnya”
Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekeliruan, wabilahi taufik walhidayah

Wassalamu’alaikum, wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar