Sabtu, 11 Juni 2016

Kultum Tarawih #6 Ramadhan 2016 Taqwa

Kultum Tarawih #6 Ramadhan 1437 H
Masjid Al-Muttaqin Pandu Raya
Jum’at, 10 Juni 2016

Assalamu’alaikum wr.wb.

Pertama-tama kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah swt. yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya kepada kita semua, sehingga kita semua dapat berkumpul didalam masjid ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Shalawat serta salah kita curah limpahkan kepada Nabi Muhammad saw, beserta para keluarganya, sahabatnya dan kita semua selaku umatnya hingga akhir zaman kelak, semoga mendapatkan syafaat/pertolongan dari beliau, amiin…

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183, dijelaskan bahwa:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”

Lantas, apa denifisi taqwa yang benar sehingga kita dapat mencapai derajat ketaqwaan yang sebenarnya?

Taqwa adalah mentaati segala perintah Allah swt. dan menjauhi segala laranganNya. Apapun jenis perintah dan larangan yang telah ditetapkan Allah swt dalam Al-Qur’an maupun Hadist, harus kita taati dan laksanakan.

Menurut para sahabat dan ulama, taqwa artinya menjalankan perintah Allah swt. dengan kesungguhan hati dan senantiasa bersujud kepada Allah swt., hal ini merupakan turunan dari makna taqwa diatas.

Adapun yang beranggapan bahwa taqwa adalah memasrahkan diri kepada Allah swt. dengan harapan ridho Allah baik didunia maupun diakhirat.

Dalam pelaksanaannya, manusia dalam menuju ketaqwaan selalu ada gangguan baik dari dalam maupun luar dirinya sendiri. Gangguan tersebut bisa datang dari penyakit hati, godaan setan maupun gangguan yang lainnya sehingga melalaikan kita untuk terus taat kepada Allah swt.

***

Di Bulan Ramadhan ini, selagi setan-setan dibelenggu, dan manusia diuji dengan menahan hawa nafsu baik fisik maupun rohani, alangkah baiknya jika kita senantiasa melakukan kebaikan demi menuju ketaqwaan sesuai dengan perintah Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183 diatas.

Kurang lebihnya mohon dimaafkan, wabilahi taufik walhidayah, wassalamualaikum wr.wb
Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar