Rabu, 08 Juni 2016

kultum tarawih #3 Ramadhan 2016 "sedikit ulasan tentang Ramadhan"

Kultum Tarawih #3 Ramadhan 1437 H
Masjid Darut Tamam BTN Tanah Baru Blok H
Selasa, 7 Juni 2016
Oleh: Ust. Dzul

Assalamu’alaikum wr.wb.

Kultum kali ini terkait tentang ulasan seputar bulan Ramadhan. Sudah banyak informasi yang bisa kita baca dimedia-media, singkatnya, zaman sekarang ini kita sudah dimudahkan oleh teknologi.

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah yang didalamnya  kita diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Makna puasa itu sendiri adalah menahan hawa nafsu dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Hawa nafsu yang dimaksud bukan hanya menahan lapar dan haus secara fisik, begitupun dengan nafsu keburukan seperti berkata dusta, marah-marah, birahi/orientasi seksual, ghibah, dengki terhadap orang lain dan nafsu lainnya. Menahan lapar dan haus termasuk nafsu yang bisa dibilang mudah untuk kita hadapi, termasuk anak-anak sekalipun. Akan tetapi nafsu ruhaniah dan penyakit hati adalah termasuk jenis nafsu yang sulit untuk kita kendalikan.

Berbicara tentang bulan Ramadhan, banyak sekali kebaikan yang bisa kita peroleh khusus dibulan suci ini. Oleh karena itu disarankan untuk kita menambah amal kebaikan untuk mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah.

Membaca Al-Qur’an

Dioptimalkan untuk kita membaca Al-Qur’an baik itu tadarus, tilawah sendiri atau menyimak bacaan orang lain. Pahala yang kita peroleh akan dilipatgandakan bahkan oleh Allah swt. Pergunakanlah waktu senggangmu untuk hal yang positif.

Berinfaq

Dibulan biasa, balasan untuk orang yang berinfaq bisa mencapai 700x lipat, seperti sebuah biji yang ditanam, mempunyai 7 ranting dan disetiap ranting memiliki 100 buah. Lantas, bagaimana dengan bulan Ramadhan? Pasti lebih banyak lagi kebaikannya.

Pahala ibadah puasa hanya Allah swt. yang menghitungnya dan kita tidak tahu apakah pahala kita diterima atau tidak. Satu hal yang pasti, kita harus berusaha semaksimal mungkin, terutama dalam hal beribadah untuk fokus dan mengoptimalkan sebaik mungkin.

Semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar